Tips Liburan Singkat


vw-bus-1845719_1280

Mengawali 2020 saya ingin berbagi tentang bagaimana merencanakan dan memanfaatkan liburan singkat. Tulisan ini tidak hanya ditujukan untuk kalian para pembaca tapi juga sekaligus sebagai referensi atau pengingat bagi saya sendiri yang kadang-kadang agak terburu-buru membuat rencana liburan.

Waktu

Apalah yang paling dinantikan bagi para pekerja kalau bukan weekend atau hari terjepit nasional? Sebagai orang kantoran, biasanya liburan singkat akan dilakukan pada waktu-waktu tersebut. Tentu saja di kantor kita tidak sendirian, masih ada rekan kerja lain yang juga berencana untuk liburan singkat.

Cara paling bijak menurut saya adalah sebaiknya menentukan jadwal liburan singkat di akhir tahun sebelumnya atau di awal tahun baru, lalu bicarakan jadwal tersebut dengan rekan kerjamu supaya bisa saling back up. Tentunya rencana ini perlu didukung dengan rasa saling percaya, artinya kita tidak seenaknya meninggalkan pekerjaan kantor sehingga pekerjaan yang seharunya menjadi tanggung jawab kita sendiri dilimpahkan ke rekan kerja.

Kalau misalnya jadwal yang telah ditentukan tersebut diprediksi akan meleset, sebaiknya perlu secepatnya direvisi. Hal ini tentunya akan membantu saat kita nantinya akan memesan tiket transportasi dan penginapan.

Tujuan

Karena saat ini saya berdomisili di Jakarta, saya akan memilih kota-kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta atau yang masih ada di sekitar pulau Jawa. Kalaupun berkeinginan ke luar negeri, mungkin beberapa negara di wilayah Asia Tenggara bisa dijadikan pilihan.

Usahakan untuk memilih daerah atau tempat yang memiliki berbagai destinasi wisata yang saling berdekatan, sehingga waktu bisa lebih efisien dan tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk menuju destinasi selanjutnya.

Saya sendiri adalah tipe orang yang sering menentukan di awal tempat mana yang akan dikunjungi atau objek apa yang akan dilihat. Agak jarang saya bepergian tanpa rencana. Meskipun ada sebagian traveller yang senang bepergian tanpa rencana karena menurut mereka hal ini lebih menantang dan bisa bertemu kejutan-kejutan selama perjalanan mereka. Tapi menurut saya, perjalanan dengan rencana pun sebenarnya memungkinkan kita untuk bertemu dengan kejutan-kejutan menarik lainnya.

What to see/do

Buatlah catatan mengenai tempat apa yang akan dikunjungi, objek apa yang ingin dilihat atau makanan apa yang akan dicicipi pada saat liburan singkat nanti. Catatan ini adalah referensi selama liburan agar waktu yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik.

Di beberapa tulisan yang saya baca, memang banyak disarankan untuk tidak membeli makan di daerah turis karena harga yang mahal, tapi sekali-kali dicoba pun tidak apa-apa. Apalagi kalau tempat makan tersebut ada di lokasi yang sama dengan objek wisata yang ingin dilihat. Demi kepentingan content media sosial, tentunya foto makanan yang dipadukan dengan foto objek wisata terkenal bisa menarik perhatian follower 🙂

Nginap di mana?

Ini penting! Bagi saya lamanya waktu liburan akan juga ikut menentukan tipe penginapan seperti apa yang akan saya tumpangi. Untuk saat ini saya masih nyaman menginap di hostel atau layanan seperti AirBnB. Penginapan sederhana pun tidak masalah yang penting nyaman sebagai tempat beristirahat dan cukup untuk menyimpan barang bawaan. Jika tujuanmu untuk menikmati hotel dan fasilitasnya, tentunya penginapan sederhana bukanlah sebuah pilihan.

Naik apa?

Untuk memaksimalkan waktu liburan singkat, sebaiknya memilih transportasi tercepat. Pesanlah tiket minimum tiga bulan sebelum tanggal liburan. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dan tidak jarang tersedia banyak potongan harga di waktu-waktu tersebut.

Budget

Dari semua poin yang sudah dibahas sebelumnya, permasalahan budget adalah yang paling utama. Hal yang paling penting adalah sikap bijak kita ketika menentukan anggaran untuk liburan singkat ini. Anggaran tersebut sudah harus termasuk perkiraan biaya transportasi, akomodasi, konsumsi dan dana darurat.

Dalam beberapa kesempatan tertentu, tidak jarang saya melakukan travel on budget. Hal ini saya lakukan sebagai penyeimbang dan tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang.

 

Leave a comment

Escanaba Ship

Semi Fiction

The Spiffy Traveler

Exploring Endless Paradise

Sustainable Hopes

.: Ketika Harapan Adalah Energi Kehidupan :.

Face Camera Action

Travel and Life Blogger

Slovenian Girl Abroad

A blog about travel adventures written by an Slovenian girl living in Switzerland

theexplorerk

Never Give Up Travelling

Storyshucker

A blog full of humorous and poignant observations.

Claraberkelana.com

Travel Stories

Memorabilia

Catatan anak rantau dalam menggapai Impian, Cita-cita, dan Cinta

Home

Time eats our memories. Blog it!

this is... The Neighborhood

the Story within the Story

MARISSA ANITA

a multi-hyphenate | journalist | actress | mc | moderator | public speaker

Legendarby

alternate blog name: Tire Tracks (because I was named after a tire brand)

ishadi fauzan

wasweswos

ethariesta's Blog

A Blog From Etha